Tips Renovasi Rumah

Ada beberapa titik rawan dalam merenovasi rumah.beberapa jenis pekerjaan “tersembunyi” kadang merupakan sumber pengeluaran yang besar jikalau tidak disiasati dengan baik. Beberapa pekerjaan tersebut diantaranya adalah pekerjaan elektrikal (instalasi listrik),plumbing (instalasi air bersih), dan sanitasi.

Pekerjaan elektrikal (instalasi listrik) perlu dilaksanakan, terutama rumah yang berumur lebih dari 10 tahun. Ini untuk menghindari terjadi sesuatu seperti kebakaran, dll.

Pekerjaan plumbing (instalasi air bersih) harus direncanakan dengan baik agar menghindari pemborosan. Yang perlu diingat pekerjaan plumbing harus dilaksanakan sebelum pemasangan dinding keramik kamar mandi, atau sebelum pekerjaan pengecatan dinding tembok yang dilalui pipa plumbing.

Pekerjaan instalasi sanitasi yang buruk dapat mengakibatkan pengeluaran dana yang banyak. Biasanya instalasi sanitasi (air kotor) tersimpan di bawah lantai, jika instalasi ini bermasalah akan mengakibatkan pembongkaran ubin keramik untuk mendeteksi terjadinya masalah pada instalasi tersebut, dan yang pasti akan mengeluarkan biaya yang lebih banyak lagi. Instalasi yang baik harus membutuhkan material yang baik pula. Perlu perencaaan dan pelaksanaan yang tepat dan efisien. Sangat penting juga untuk mencari tenaga ahli yang menguasai di bidangnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s