Aside

Mengusir berbagai Hewan Pengganggu di Rumah

Air garam ampuh usir bekicot
Larutkan 1 sendok makan garam ke segelas air. Semprotkan larutan tersebut ke bekicot atau area yang sekiranya akan ditempeli bekicot.

Air panas untuk kantong telur kecoa
Kantong telur kecoa itu berbentuk kapsul berwarna cokelat tua. Setiap satu kantung bisa menghasilkan puluhan kecoa baru hanya dalam hitungan minggu. Tindakan fisik yang dapat Anda lakukan pada kantong telur kecoa untuk mencegahnya menetas.

Buah Mengkudu Pengusir Tikus
Tikus merupakan hewan pengganggu yang sering berkeliaran di rumah. Selain kotor, tikus membawa beragam penyakit. Untuk menangkap bisa digunakan lem tikus atau perangkap tikus. Ada juga tip sederhananya. Siapkan 2-3 buanh mengkudu, lalu potong menjadi beberapa bagian. Tempatkan wadah berisi potongan mengkudu di tempat yang kerap dilalui tikus. Dijamin bau menyengat buah mengkudu membuat tikus pergi.

Mencegah kecoa datang
Taruhlah beberapa lembar daun salam/irisan jeruk lemon/bongkahan kapur barus di tempat yang kerap kali dilewati kecoa.

Kolam Hias Bebas Nyamuk
Genamgan air kolam dapat menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk. Untuk menghindarinya, usahakan kolam selalu mengalir dan rutin dikuras, setidaknya sebulan sekali. Solusi lain, tempatkan beberapa ekor ikan cupang dalam kolam. Secara alami, ikan-ikan ini akan memakan jentik-jentik nyamuk sebagai pakan alaminya. Atau taburkan bubuk abate setiap 1-2 bulan sekali.

Kiat Usir Lalat Pengganggu
Daripada menyemprotkan obat antiserangga yang berbahaya, lebih baik Anda membuat ramuan yang ramah lingkungan. Caranya, cukup rendam 1 genggam cengkih dalam segelas air. Letakkan air rendaman di tempat yang sering dihinggapi lalat. Otomatis, bau yang dihasilkan air rendaman akan mengusir lalat.

Usir Nyamuk dengan Aroma Lavender
Gosokkan bunga lavender ke bagian kulit yang diinginkan, aroma lavender tidak disukai nyamuk.

Aroma Geranium Cegah Nyamuk Datang
Geranium memiliki kandungan zat sitonelol dan geraniol di dalamnya. Cara mengaplikasikannya gampang, tempatkan tanaman ini di teras, halaman, atau dekat pintu dan jendela hunian. Pastikan area tersebut mendapat aliran udara lancer agar daun-daun geranium saling bergesek saat tertiup angin dan menimbulkan aroma khas.

Serai wangi, Tanaman Pengusir Nyamuk
Serai mengandung sitronelal dan geraniol di dalamnya ampuh membuat nyamuk menjauh. Biasanya ekstrak serai wangi digunakan dalam pembuatan obat antinyamuk skala komersial. Untuk pemakaian rumah, cukup hanya di tanam dengan memadukan dengan tanaman lain, atau dengan menyemprotkan minyak serei ke keset dan sapu sehingga aroma wanginya memenuhi ruangan ketika membersihkan rumah.

Rosemary, Usir Nyamuk Pengganggu
Gosok-gosokkan daun rosemary ke bagian tubuh, seperti tangan dan kaki hingga tercium aroma khas seperti minyak kayu putih. Alhasil, nyamuk takkan mendekat lantaran aroma rosemary yang ditimbulkan mengacaukan penciuman serangga pengganggu ini.

Kasa Nyamuk, Cegah Nyamuk Datang
Sehebat apapun obat antinyamuk, jangan biasaka menggunakan obat antinyamuk dan batasi pemakaiannya. Lebih baik mencegahnya, misalnya dengan memasang kasa nyamuk pada ventilasi udara. Kain kasa bisa dipasang pda teralis pintu dan jendela.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s