WALK IN CLOSET

Image

 

Walk artinya berjalan, in artinya di, closet artinya hmm.. apa coba?? Jangan berpikiran jadi jalan di kloset ya? Hehehe. Di dalam bahasa Inggris Walk in Closet itu mempunyai arti tersendiri yang bermakna ruang ganti pakaian. Bentuknya adalah ruang tersendiri, berada di area sekitar kamar mandi dan kamar tidur.

Pada prinsipnya, fungsi utama walk in closet adalah sebagai ruangan khusus untuk menyimpan barang pribadi dan perlengakapan pendukung seperti ta, sepatu, dan aksesori. Tetapi, saat ini fungsinya semakin berkembang. Bisa sebagai tempat membersihkan diri, berganti pakaian, bercermin, dan berias.

Perbedaan fungsi itu dipengaruhi oleh luas ruang yang tersedia. Semakin luas area, fungsi ruangnya pun semakin berkembang.

Kelebihan Walk In Closet

Ada banyak kelebihannya disbanding lemari biasa. Bahkan arsitek setuju bahwa rumah yang memiliki walk in closet di dalamnya memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Keberadaannya membuat tempat penyimpanan semakin praktis. Ia dapat menampung berbagai barang mulai pakaian, handuk, seprei, sarung bantal, dasi, koper, dan aksesori lain dalam satu tempat. Selain itu meudahkan Anda untuk berganti pakaian dalam daerah yang aman dan nyaman. Karena biasanya walk in closet tempatnya tertutup.

Yang Seharusnya Ada

Dalam sebuah walk in closet setidaknya harus terdapat wardrobe berupa lemari. Pada awalnya, lemari ini berupa rak-rak terbuka dan tak terdapat pintu. Di Indonesia, lemarinya ada yang tertutup dan terbuka. Jika menggunakan lemari terbuka, kebanyakan dimodifikasi dengan menambahkan pintu geser. Hal ini untuk menghindari debu.

Selain itu, Anda bisa menambahkan gantungan pakaian tidak statis yang dilengkapi dengan lift hanger. Fungsinya untuk menarik palang besi gantung kea rah bawah dan luar. Termasuk menambahkan laci dan rak geser guna menyimpan aksesori yang berukuran kecil agar tidak terkesan berantakan.

Untuk penyimpanan sandal dan sepatu sebaiknya diberi sekat dengan pakaian. Hal ini untuk menghindari bau yang tidak diinginkan.

Setelah ada walk in closet, pakaian yang semakin hari semakin banyak dapat tersusun rapi dan mudah dalam penataan dan pengambilan.

Sumber : Tabloid Rumah/Nov 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s