SEJARAH KELAMBU

Kelambu? taukah kelambu??

Kelambu biasanya digunakan untuk tempat tidur agar terhindar dari gigitan nyamuk dan juga penambah suasana romantis.. jaman dulu, sebelum ada obat nyamuk, tempat tidur berkelambu sangat sering digunakan.

Taukah sejarah mula dari kelambu??

Image

 

Konon, Kelambu ditemukan oleh sepasang suami istri dari Bagladesh. Rasa kasih sayang yang kelewat besar membuat mereka ingin selalu bersama anaknya yang masih bayi, termasuk saat tidur. Lantas mereka memasang kain panjang yang diikat pada tiang-tiang rumahnya. Uniknya, untuk masuk ke dalam tempat tidur mereka melewati bagian atas kelambu, dan menggunakan tangga sebagai sarana naik turun.

Seiring dengan perjalanan waktu sang bayi tumbuh besar dan mulai dapat merangkak. Suatu malam sang bayi bangun dan keluar dari kelambu dengan cara mengangkat kain kelambu pada bagian bawah. Melihat hal itu sepasang suami istri, sangat heran dan kagum dengan kecerdasan anaknya. Sejak itu mereka tidak lagi menggunakan tangga untuk masuk ke dalam kelambunya.

Ternyata kelambu buatan mereka belumlah cukup sempurna untuk melawan serangan nyamuk. Sepasang suami istri ini berpikir keras dan mencari akal supaya terhindar dari serangan nyamuk. Akhirnya, tanpa sengaja jalan terang di dapat melalui anak mereka yang sedang bersembunyi di dalam tudung saji. Melihat hal itu, pahamlah orang tuanya bahwa kelambu itu harus ditutup pula pada bagian atasnya.

 

Sedikit TIPS tentang kelambu ya..

1. Pilihlah bahan kelambu yang ringan dan berpori-pori

2. Walaupun kelambu terbuat dari bahan yang berlubang, tetap saja akan menghalangi udara yang masuk ke dalam tempat tidur. Karena itu, sebelum memasang, pastikan udara di kamar Anda cukup baik dan sejuk.

3. Kelambu mudah sekali jadi sarang debu, untuk itu harus sering dibersihkan, dan agar lebih mudah dalam membersihkannya, rendamlah dalam larutan deterjen+citrun/garam.

^^

semoga bermanfaat

Sumber : Tabloid RUMAH, November 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s