GO GREEN dengan HEMAT AIR

Persediaan air bersih di bumi, semakin menipis dan air laut pun belum bisa diolah secara massal menjadi air siap konsumsi. Apalagi volume air bersih yang hanya sedikit itu harus dibagi bersama seluruh penduduk bumi.

Persediaan Air di Bumi

Persediaan air di bumi sebanyak 70%berbentuk cair di mana 97,5% merupakan air laut dan hanya 2,5% air bersih. Dari persentase 2,5% air bersih tersebut, sejumlah 69% air ini tersimpan di gletser di kutub. Sedangkan 30% merupakan air tanah dan sisanya 1% berupa air permukaan (sungai, danau, dan rawa). Nah, persediaan air bersih yang sedikit itu, harus dibagi dengan 6 milyar penduduk bumi dan makhluk hidup lainnya. Jadi bijaksanalah mengkonsumsu air bersih.

Stop Keran Bocor

Keran air yang terus menetes bisa memboroskan pasokan hingga 100 liter air perhari. Andai dibiarkan, bayangkan kurang lebih 36.500 liter air bersih terbuang percuma dalam setahun. Bila belum sempat diperbaiki, tamping tetesan air dengan ember untuk sementara waktu. Air yang tertampung bisa Anda gunakan untuk keperluan lain. Jangan lupa untuk selalu mengecek keran di dalam dan di luar rumah, pipa maupun selang-selang karet dari kebocoran.

Mencuci Kendaraan

Gunakan pipa semprot atau trigger nozzle pada selang. Biasakan mematikan keran air saat menggosok, menyabuni, dan mengelap kendaraan. Jika memcuci mobil dengan selang biasanya memboroskan 300 liter air. Bandingkan, mencuci mobil dengan ember plus lap lebih hemat pemakaian airnya karena hanya membutuhkan 75 liter air saja. Alternatif lain, cuci kendaraan di tempat pencucian komersil yang rata-rata menghabiskan 150 liter air. Pastikan air limbah yang kotor plus mengandung minyak dialirkan ke instalasi pengolahan. JIka memungkinkan, gunakan produk pembersih dan pengilap ramah lingkungan.

Shower Or Bath Tub?

Hindari penggunaan bath tub kala mandi lantaran dapat memboroskan air hingga 150-200 liter. Bandingkan kalau Anda memakai shower atau pancuran yang menghabiskan sekitar 30-60 liter. Pilih model shower yang dapat dipegang secara fleksibel sehingga memudahkan ANda membasuh bagian tubuh yang diinginkan. Jangan lupa setel lambat atau sedang pancaran air. Waktu mandi pun jangan terlalu lama, sekitar 5-10 menit.

Stop Buang Air!

Jangan biarkan air terus mengalir saat Anda sedang menggosok gigi. Dengan membiasakan diri menutup keran selama menyikat gigi, pemakaian air dapat diirit 5-10 liter setiap waktunya. Jika sehari 2 kali menyikat gigi, maka dalam seminggu Anda bisa berhemat hingga sekitar 100 liter air. Jika ingin lebih hemat, sebenarnya Anda cukup menggunakan gelas kecil untuk berkumur!. Sikat gigi dengan gelas menghabiskan 0.5 liter air sedangkan dengan menyalakan keran dapat menghabiskan air sebesar 6 liter air permenit dialirkan.

Hemat Air di Toilet

Usahakan menggunakan WC yang memiliki dual flush, sehingga pemakaian air dapat diirit. Saat buang air kecil, tekan tombol flush yang kecil dan sebaliknya. Berbeda dengan WC system flush standar yang membutuhkan 6 liter air sekali tekan. Bila ditekan setengah akan mengalirkan 3 liter air bersih. Jika toilet dilengkapi dengan flush tuas, pastikan posisi tuas kembali seperti semula setelah selesai digunakan agar air tak terbuang percuma. Jika ingin lebih hemat, Anda dapat mengisi sendiri tangki WC dengan air dalam botol (misalkan volume 600 ml atau kelipatannya) sehingga tangki tak otomatis terisi dan pemakaian air dapat ditekan.

Pakai Saja Seperlunya

Matikan keran air saat sedang membersihkan muka dan atau menyabuni tangan. Sayang dong jika air terbuang begitu saja! Pas membilas, baru deh keran dinyalakan lagi. Tips simple ini bisa menghemat pemakaian air hingga 8-15 liter setiap Anda membersihkan diri.

Byur.. Byur..

BIasakan mandi dengan air dingin kala pagi dan sore hari. Pemanas air hanya dipakai saat penting saja dan aplikasikan temperature panas paling rendah. Jangan lupa, matikan water heater setelah digunakan. Kalau bisa, gunakan solar water-heating system yang memakai alat penampung panas matahari sebagai sumber air panas. Meski investasi awal lebih mahal, pemakaian dalam jangka panjang akan lebih hemat dan eco friendly. Lebih irit energy ketimbang water heater bertenaga gas atau listrik bila Anda memilih memasak sepanci air hingga cukup panas (tak perlu mendidih) lalu mencampurkannya dengan seember air dingin untuk mandi.

Lambatkan Aliran Air pada Keran Maupun Shower.

Aplikasi ini dapat mengirit penggunaan air hingga 50%. Dengan aliran yang lebih lambat, Anda bisa membasuh tubuh atau mencuci piring lebih seksama. Manfaatkan air secara bijak dan jangan mengalirkannya secara sia-sia. Sebagai pertimbangan, air keran yang mengalir deras selama 1 menit akan mengucurkan sekitar 9 liter air.

Lap Tangan

Bawa dan gunakan selalu handuk kecil atau sapu tangan untuk mengeringkan tangan setelah Anda mencuci tangan. Pasalnya, mengeringkan dengan tisu atau pengering elektrik sama-sama berdampak kurang baik bagi lingkungan. Pemakaian tisu berkaitan dengan bahan kayu yang digunakan dalam pembuatannya dan sampah yang dihasilkan. Sedangkan electric dryer mengeluarkan panas dan menghabiskan energy listrik yang tak sedikit.

langkah kecil, bermanfaat untuk sejuta umatđŸ™‚

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s