Aside

Dalam menjalankan GO GREEN, yaitu menjaga lingkungan, penggunaan pembersih yang sering kita pakai ada juga yang membahayakan lingkungan karena mengandung zat kimia berbahaya. Tapi tahukah jika ada pembersih yang alami yang lebih aman bagi lingkungan?

Polesan Perak dan Tembaga

Untuk membersihakan perhiasan atau perabot berbahan perak dan tembaga, Anda bisa membuat polesan sendiri yang aman digunakan. Caranya sangat praktis, campurkan garam dan cuka hingga menjadi larutan semi kental. Pakailah kain yang lembut untuk membantu proses penggosokan. Selanjutnya, cuci perhiasan atau perabot dengan air hangat dan keringkan. Cuka merupakan salah satu alternative ramah lingkungan pengganti zat kimia amonia yang mampu mengurai lemak.

Pembersih Serba Guna

Ada larutan yang lebih ramah lingkungan ketimbang membeli pembersih serbaguna yang mengandung zat kimia. Campurlah cuka dan air hangat dengan perbandingan 1:1. Larutan tersebut dapat digunakan sebagai pembersih kerak pada perabot, noda teh di cangkir dan lainnya.

Menggosok Panci dan Ketel

Untuk mendukung gerakan ramah lingkungan, garam memiliki peranan penting. Garam dapat dipakai sebagai alternatif bahan-bahan kimia untuk kepentingan di sekitar rumah Anda. Taburkan garam kea lat masak yang kotor sebelum menggosokknya dengan spon kasar atau sabut. Hindari aplikasi tips ini pada perabot antilengket, semisal Teflon. Permukaan alat masak yang bersih dan tanpa kerak akan memaksimalkan hantaran panas saat digunakan.

Atasi Noda Teh dan Kopi

Seringkali bekas noda teh dan kopi yang tertinggal di permukaan dalam cangkir sulit dihilangkan dengan sabun biasa. Ada tips sederhananya, yaitu taburkan garam secukupnya ke spon, lalu gosokkan dengan arah memutar pada bagian noda. Selanjutnya tinggal cuci seperti biasa. Dengan demikian, Anda tidak perlu menggunakan lebih banyak air dan sabun untuk menghilangkan nodanya.

Fungsi “SI ASAM”

Jika punya bahan dapur sisa memasak berupa asam jawa, jeruk nipis dan jeruk lemon jangan langsung dibuang. Unsur asam yang terkandung dapat dimanfaatkan untuk menggosok peralatan masak dan bak cuci piring agar mngilap kembali. Caranya : gosokkan kulit atau irisan buah pada bagian yang kusam. Dapur yang bersih akan membuat lalat, semut, bahkan kecoa enggan mampir. Berarti Anda tak memerlukan insektisida untuk mengusir serangga pengganggu tersebut.

Mensterilkan Spon Pembersih

Sering bukan, spon pembersih yang digunakan untuk membersihakan perabot dampur kita kotor, berjamur, bahkan tanpa kita sadari menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Pasalnya, spon selalu dalam keadaan basah atau lembab. Guna mensterilkannya cukup dengan merendam spon di larutan air garam.

Manfaat Ekstra Soda Kue (Baking Soda)

Lupakan produk pembersih mahal dan mengandung zat kimia berbahaya bagi lingkungan untuk membersihkan dapur. Selain bahan pembuat cake, soda kue bisa digunakan sebagai pembersih yang murah, aman, plus efektif. Zat kimia alami berupa sodium bicarbonate murni yang terkandung dalam soda kue tak berbahaya bagi kesehatan dan lazim dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dapur. Dengan menaburkan 1 sendok makan soda kue, Anda bisa meluruhkan kotoran yang menyumbat saluran pembuangan air atau menghilangkan bau darti tempat sampah atau karpet. Soda kue ampuh juga mengikis kotoran makanan yang telah mongering sehingga dapat dipakai untuk membersihkan area kompor penuh noda dan cipratan minyak. Kebanyakan pembersih mengandung zat berbahaya-terutama bila mencemari air- seperti sodium hydroxide, hydrochloric acid, dan petroleum distillates.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s